Tips dan Trik

7 Cara Mengecek Hp Samsung Asli Atau Palsu Yang Praktis

Sekarang, memiliki ponsel tentu saja sudah wajib untuk zaman teknologi ini. Merk ponsel pun sudah banyak tersebar dengan berbagai keluaran barunya. Salah satu merk yang sangat banyak di gandrungi di berbagai kalangan sejak dahulu adalah Samsung. Namun, dengan popularitasnya, tidak heran jika Anda pun butuh mengenal cara mengecek HP Samsung asli karena banyak yang tidak asli.

Cara mengecek HP Samsung
Samsung yang tidak asli ini kualitasnya tentu saja berbeda, sekalipun memiliki fitur dan tampilan yang sama. Karena itulah sangat penting mengenal bagaimana cara pengecekannya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah ponsel Anda asli atau paslu. Biasanya, harga jual Samsung yang tidak asli ini pun lebih murah, sehingga banyak membuat orang salah pilih.

Berbicara mengenai cara mengecek HP Samsung, sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa Anda lakukan. Nah, jika Anda penasaran dengan beberapa pilihan tersebut, jangan khawatir karena jawabannya bisa di temukan di sini. Sedangkan untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak ulasan berikut ini.

1. Pastikan IMEI Ponsel Sama Dengan IMEI di Dus

Setiap ponsel tentu saja memiliki kode IMEI. Kode tersebut ada di ponsel dan tertera juga dus yang merupakan bawaan ponsel. Nah, untuk mengetahui apakah HP Samsung palsu atau tidak, maka Anda bisa mengecek kode IMEI ini. Cara pengecekannya pun sangat mudah.

Langkah pertama silahkan tekan *#06# di ponsel Anda. Kemudian tekan call dan akan segera muncul pemberitahuan. Pemberitahuan tersebut berisi informasi terkait kode IMEI ponsel Anda. Namun untuk kode ini setiap ponsel berbeda-beda, sebagian hanya memiliki satu kode, namun mayoritas kodenya ada dua.

Setelah Anda mendapatkan informasi Kode IMEI dari ponsel, kemudian cocokkan dengan yang ada di dus hp. Nah, jika kode ini sama maka bisa di tarik kesimpulan bahwa ponsel tersebut memang asli Samsung. Namun, jika tidak, maka perlu di pertanyakan lagi. Cara cek HP Samsung yang satu ini tentunya membantu anda dalam mengetahui HP Samsung palsu yang beredar di pasaran.

2. Cara Mengecek HP Samsung Asli Melalui Website

Selain dengan kode EMEI, mengecek HP Samsung asli bisa juga dilakukan di website. Caranya ini di lakukan dengan memastikan bahwa tipe yang Anda miliki sudah sesuai dengan tipe yang sebenarnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

2.1. Kunjungi IMEI.Info

Langkah pertama dalam pengecekan menggunakan cara ini adalah masuk pada website IMEI.info. Namun, di sini nanti Anda akan di minta untuk memasukkan kode IMEI sekaligus konfirmasi bahwa pengguna bukan robot. Silahkan ikuti saja aturannya dan masuk pada websitenya sehingga Anda bisa melihat informasi yang Anda inginkan.

2.2. Lihat informasinya

Setelah masuk, maka di layar akan muncul beberapa informasi mengenai ponsel. Mulai dari tipe hinga brand-nya. Dalam hal ini Anda haru memastikan bahwa tipenya sama dengan ponsel yang di cek. Sedangkan poin terpenting adalah pada kolom brand harus bertuliskan SAMSUNG sebagai bukti bahwa ponsel itu memang asli produksi Samsung.

2.3. Lihat juga spesifikasi hpnya

Dalam tahapan cara mengcek HP Samsung asli di website, sebaiknya Anda cek sekalian bagaimana spesifikasinya. Jadi, pastikan bahwa spesifikasi yang tertera di sana sesuai dengan yang di miliki. Sedangkan untuk informasi lebih lanjutnya, bisa langsung Anda klik read more.

3. Cek Negara Tempat Ponsel Anda Di Buat

Masih di halaman yang sama yakni EMEI.info, Anda bisa juga mengecek dengan memastikan buatan negara mana ponsel tersebut dan samakan dengan informasi yang sebelumnya di terima. Pada kode EMEI ini, perlu diketahui bahwasanya digit ke 7 dan ke 8 kode EMEI merupakan kode yang menggambarkan pembuatan ponsel.

Ponsel Samsung sendiri bisa di buat di negara yang berbeda-beda. Biasanya setiap negara memilki kualitas yang berbeda pula. Kadang di Negara A sangat bagus dan kadang di negara B biasa saja sekalipun brand-nya sama.

Satu lagi, jika Anda melihat di dus ponsel tertulis made in Indonesai namun ternyata yang memproduksi adalah Amerika atau jepang, tidak perlu khawatir. Hal ini hanya berarti bahwa ponsel tersebut memang di rakit di sini. Namun, tetap saja untuk bahan-bahan dasarnya berasal dari negara di mana ponsel di produksi sebenarnya.

4. Lakukan Tes Hardware Pada Ponsel

Selanjutnya, untuk cara cek hp samsung, Anda bisa menggunakan pengecekan pada hardware. Namun, jangan dibayangkan anda membongkar HP Samsung denga obeng. Caranya cukup mudah dan praktis.

Sebenarnya hanya mudah saja yakni dengan melakukan call pada *#0*#. Setelah itu, akan langsung muncul beberapa kolom pengecekan atau bahkan langsung informasinya. Namun, bagi yang tidak terbiasa pasti asing dengan kolom-kolom tersebut sehingga Anda perlu mengecek fungsinya masing-masing lebih lanjut sebelum bisa mengecek secara rinci.

Saran saya, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, seperti Anda mendapatkan HP Samsung palsu, atau kejadian mengerikan lainnya.

Ada baiknya anda membeli HP Samsung di outlet resmi Samsung, lagipula sekarang sudah banyak kok outlet resmi Samsung, terutama di pusat perbelanjaan atau mall. Sehingga Anda tidak perlu melakukan cara mengecek HP Samsung versi Tekmagz seperti di atas tadi.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA

Penulis : Rafi Abrar

Saya adalah seorang pemuda yang sangat giat menulis artikel di beberapa website dengan berbagai niche.