Tips dan Trik

3 Cara Memperbaiki Flashdisk Dengan Cepat Dan Mudah

Flashdisk merupakan salah satu alat digital yang dewasa ini banyak memiliki fungsi penting bagi setiap pengguna yang sering menyimpan banyak data. Contohnya para mahasiswa, karyawan kantor, pegawai negeri, dan sejenisnya. Akan tetapi tentu saja tidak jarang pula di temui adanya kerusakan pada flashdisk sehingga sangat penting mengetahui cara memperbaiki flashdisk.

Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca
Flashdisk yang rusak tersebut kadang akan berpengaruh pada fungsinya sehingga data pun tidak bisa terbaca di Windows dan sejenisnya. Ketika Anda sedang dalam kondisi darurat dan tidak memiliki salinan data di tempat lain tentu ini akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, bagi Anda yang pernah mengalami atau untuk antisipasi harus mempelajarinya lebih lanjut.

Dalam hal ini sebenarnya tidak hanya ada satu cara untuk memperbaiki flashdisk. Paling tidak di sini akan di ulas 3 cara paling mudah yang bisa Anda pelajari dengan cepat. Nah, untuk mengenal cara-cara tersebut lebih lanjut, langsung saja Anda simak ulasannya berikut ini.

1. Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Memanfaatkan Computer Management

Cara pertama yang bisa Anda gunakan dalam cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dan rusak adalah dengan menggunakan computer management. Dalam penerapan cara ini sendiri tentu saja ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Langkah tersebut sebagaimana di sebutkan di bawah ini.

1. Pasangkan flashdisk yang rusak pada computer Anda.
2. Lanjutkan dengan klik start untuk menjalankan RUN serta dengan mengetik RUN pada search.
3. Setelah muncul kotak RUN, silahkan Anda ketik compmgm.msc dan tekan enter dan program computer management akan segera muncul.
4. Di program ini silahkan pilih disk management setelah Anda klik storage kemudian deteksi kerusakan flashdisk Anda.
5. Untuk pendeteksi dan pembenahan, silahkan klik kanan pada flashdisk kemudian pilih create petition yang di lanjutkan dengan format.
6. Tunggu proses pembenahan selesai dan flashdisk pun siap di gunakan kembali sebagaimana mestinya.

Cara diatas merupakan cara yang simpel dan mudah. Namun, tidak semua cara ini bisa benar-benar mengembalikan flashdisk Anda sebagaimana semula. Mungkin beberapa orang yang mencoba cara diatas kemungkinan akan gagal karena faktor-faktor tertentu.

2. Cara Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca dengan Menghapus Write Protected

Cara sebelumnya merupakan langkah dasar pada kerusakan yang masih biasa-biasa saja. Dalam hal ini Anda akan sangat beruntung jika flashdisk Anda berhasil di perbaiki dan tidak membutuhkan perbaikan ulang. Namun jika tetap tidak bisa, Anda bisa menggunakan cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca selanjutnya yakni dengan menghaspus write protected sebagaiman cara berikut.

1. Tekan window dan R

Langkah pertama dalam hal ini adalah dengan menekan secara bersamaan window dan R. Kemudian silahkan Anda pilih regedit lalu tekan tombol enter.

2. Masuk kotak dialog

Nah, jika sudah melalui langkah pertama, maka Anda kana masuk pada kotak dialog. Di sini Anda akan melakukan pemindaian dengan menekan ctrl + F.

3. Cari write protected

Nah, pada kotak dialog tersebut akan ada kolom yang tersedia. Di kolom itu silahkan Anda ketik write protected dan mengklik find next.

4. Hapus

Nah, jika Anda sudah berhasil menemukan write protected, silahkan segera Anda hapus. Cara menghapusnya sebagaimana penghapusan data biasa yakni dnegan klik kanan dan tekan delete.

5. Coba flashdisk Anda

Setelah melalui beberapa langkah di atas, flashdisk pun sudah pulih. Namun, coba terlebih dahulu dengan cara copot terlebih dahulu dari komputer, restart komputer, hidupkan kembali dan pasang lagi flashdisk Anda.

3. Cara Memperbaiki Flashdisk Melalui CMD

Cara memperbaiki flashdisk yang terakhir ini merupakan cara yang paling ampuh di lakukan ketika flashdisk sedang bermasalah. Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil memulihkan flashdisk Anda, maka cara yang satu ini merupakan pilihan yang terakhir yang bisa Anda lakukan. Langkah-langkahnya pun tidak mudah sebagaimana berikut ini.

1. Pasang flashdisk

Sama seperti cara sebelumnya yang pertama adalah dengan memasangnya pada port USB PC atau laptop.

2. Command prompt

Setelah terpasang silahkan Anda bukan command Prompt. Caranya sangat mudah yakni degan klik start, kemudian run dan tulis cmd. Anda juga bisa langsung mengetikkan CMD pada kolom search.

3. Buka posisi flashdisk

Nah, pembukaan posisi ini sesuai dengan di mana flashdisk Anda berada. Jika ada di F misalnya, maka cara membukanya adalah dengan mengetaik command prompt F.

4. Tulis chkdsk

Selanjutnya silahkan Anda tulis chkdsk yang di tambah garis miring plus tempat flashdisk Anda tadi. Setelah itu silahkan langsung pilih opsi yes.

5. Restart dan uji coba

Nah, setelah itu proses pun selesai dan komputer pun akan meminta restart. Jadi, silahkan Anda restart komputer dan coba flashdisk Anda setelah sudah di nyalakan kembali. Pastikan USB Port pada komputer atau laptop anda tidak rusak atau bermasalah.

Jika flashdisk milik Anda masih saja bermasalah walaupun sudah melakukan semua cara memperbaiki flashdisk diatas, silahkan taruh saja masalah lengkapnya di kolom komentar, kami akan membantu menjawab jika kami bisa. Terima kasih.

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA

Penulis : Rafi Abrar

Saya adalah seorang pemuda yang sangat giat menulis artikel di beberapa website dengan berbagai niche.