Tips dan Trik

Cara Melawan Serangan Jingling Dengan Ampuh dan Terbukti

Cara melawan serangan jingling - Halo sahabat Tekmagz, pada hari ini saya kembali sharing seputar teknologi, terutama di dalam dunia blogging, yang akan kita bahas adalah cara melawan jingling dengan baik dan benar.

Cara melawan serangan jingling
Sebelum menjelaskan Cara Ampuh Melawan Serangan Jingling (Auto Visitor), saya akan menjelaskan terlebih dahulu Apa Itu Jingling? supaya artikel ini akan lebih mudah dimengerti.

Pengertian Jingling

Jingling adalah auto visitor yang menyerang suatu situs dengan IP yang sama dengan maksud untuk menjatuhkan suatu situs tertentu & kemungkinan situs akan di anggap spam oleh Search Engine karena trafic blog yang begitu besar dengan IP yang sama pula.

Dengan begitu Blog akan terkena sanksi oleh Search Engine dan hasilnya pengunjung asli dari Serch Engine akan menurun tentunya.

Orang yang melakukan serangan Jingling ini disebabkan oleh banyak motif seperti Iri dengan Blog orang lain, tidak ingin tersaingi, bahkan ada yang hanya karena iseng belaka.

Cara Melawan Serangan Jingling (Auto Visitor) Dengan Ampuh

1. Unverif Blog dari Google Webmaster atau Search Engine Lain

Cara ini mencegah blog agar tidak terkena sanksi atau hukuman dari Google dan Search Engine lain, karena blog sudah tidak terdaftar di suatu Search Engine. Segera hapus Meta Tag Verification dari Blog kita. Dan setelah serangan jingling berhenti bisa di verifikasi

2. Hubungi CEO Platform Blogging

Kita juga bisa menghubungi CEO dari Platform Blogging yang kita pakai dan memberitahukan kepada CEO bahwa Blog kita terkena serangan jingling. Dan jangan lupa beritahu mereka untuk memblokir IP jingling jika kita tau IP tersebut.

3. Pasang Robots.txt

Salah satu fungsi dari Robots.txt adalah untuk menghindari serangan Jingling atau Auto Visitor lain. Tapi untuk memasang Robots.txt ini dibutuhkan platform blogging yang support Edit Template seperti Blogspot milik Google.

4. Copot Domain Parkiran

Jika blog kita yang di serang jingling sedang di parkir domain, copot sementara domain tersebut, kemudian cek pageviews yang masuk. Karena jika Blog kita sedang diparkirkan sebuah Domain, kemungkinan besar yang diserang adalah alamat doamin Blog kita, jadi copot sementara Doamin Blog dan tunggu beberapa hari atau minggu kemudian pasang kembali dan jika tidak terdapat keanehan itu artinya Blog sudah aman.

5. Blokir IP Robot

Jika kamu menggunakan hosting untuk membuat Blog (Self Host), kamu bisa langsung memblokir IP Robot dari serangan Jingling melalui Cpanel Hosting. Hampir semua Web Hsoting menyediakan fitur Block IP ini.

6. Backup Blog

Untuk berjaga-jaga kita bisa membackup postingan Blog dan file lainnya. Karena ditakutkan nantinya Blog akan terkena Pinalty Google yang menyebabkan kita harus membuat Blog baru lagi.

Kesimpulan

Untuk berjaga jaga dan menghindari serangan Jingling ini kita jangan teralu sering memamerkan Blog di Media Sosial atau Forum forum di Internet karena ditakutkan ada yang iseng atau iri kepada Blog kita.

Intinya promosikan Blog yang sesuai dan tidak berlebihan.

Baiklah sekian artikel ini dan jangan lupa berkomentar

BAGIKAN KE ORANG TERDEKAT ANDA

Penulis : Cinta Persija

Saya adalah seorang pemuda yang sangat giat menulis artikel di beberapa website dengan berbagai niche.